KEARIFAN

PS. DAVID HANANI, M.TH27-08-17(1)

 

Kali ini kita akan membahas dengan jelas lebih dalam tentang:

# ORANG BODOH- Amsal 1:7, tentang Orang  bodoh tidak mau belajar dari Firman Tuhan.

Didalam kehidupan kita sesuai ayat ini orang dapat menjadi berhikmat apabila dia memiliki rasa hormat dan takut kepada Tuhan. Sedangkan orang bodoh tidak menghargai hikmat itu sendiri dengan kata lain yang kita ketahui dalam kehidupan kita adalah orang bodoh adalah orang yang tidak pernah mau belajar, apalagi belajar dari kebenaran Firman Tuhan itu sendiri.

Orang bodoh bukanlah orang yang memiliki IQ rendah atau seorang yang kurang pendidikan… tetapi orang yg bermasalah dengan hatinya. Konsep tentang Tuhan yang berkuasa itu sudah jelas didalam otak/pikiran kita setiap manusia hukum tabur tuai adalah jelas tetapi tidak banyak dari kita yang kemudian hidup dan menaati hukum tersebut, maka orang yang tidak menaati hukum tersebut di kategorikan sebagai orang bodoh. Amsal 15:21, Amsal 17:24, Amsal 15:2, bagi dunia kebodohan selalu mendapatkan medali itulah sebabnya banyak yang dari kita sering memilih keberanian yang tidak ada artinya. Perubahan dalam kehidupan menjanjikan perubahan didalam hari depan kita, apa yang kita pikir itulah yang akan kita lakukan dalam hidup kita.

 

  1. Orang bodoh tidak dapat mengekang bicaranya.

Orang bodoh tidak ada control dalam mulutnya, kata bodoh didalam bahasa inggris = fool atau bebal = folly berasal dari bahasa Latin follis  = orang yang menggembungkan pipinya = orang  yang penuh udara dan tidak ada isinya.  Jadi kita ini bisa dikatakan bodoh apabila perkataan kita itu tidak ada isinya/ tidak ada artinya (Amsal 18:13, 10:8, 12:16).

 

  1. Orang bodoh tidak dapat mengendalikan temperamennya- Amsal 29:20

Kebijaksanaan dan kebodohan dalam hidup kita hanya setipis kulit ari bawang begitu mudah di seberangi satu dengan yang lainnya, orang bodoh mengira ia harus mengatakan sesuatu didalam pertemuan (Amsal 26:4-5 (MSG)

“Jangan bereaksi terhadap kebodohan orang bodoh; engkau hanya akan mempermalukan dirimu sendiri. Jawablah orang bodoh dengan sederhana supaya ia tidak menjadi besar kepala. Kesusahan orang bodoh jauh lebih sulit membawanya dengan kata lain Alkitab berkata “bahwa orang bodoh itu selalu membuat masalah” semua yang diperintahkan Tuhan dalam hidup kita sebenarnya adalah agar membuat kita menjadi bijaksana, Tetapi menjadio bodoh apabila kita tidak menaatinya dan membuat hidup kita semakin berat.

Amsal 28:26 Percaya kepada diri sendiri adalah bodoh, tetapi orang yang meminta nasihat akan jauh dari bencana.(Amp Bible).

 

  1. Orang bodoh itu sombong dan terlalu percaya diri

Kita butuh rasa percaya diri dan apabila kita memiliki rasa percaya diri terlalu besar maka kita membawa masalah dalam diri kita dan kita membawa masalah bagi orang yang ada disekitar kita, jadi bertindak sombong adalah sebuah tindakan kebodohan. “Hati manusia tak dapat diduga, paling licik dari segala-galanya dan terlalu parah penyakitnya.”Yer 17:9.

 

  1. Orang bodoh membawa kesedihan, terlebih hati orang tuanya- Amsal 10:1

Alkitab penuh contoh tentang hal ini, Kain mendukakan hati Adam dan Hawa, kenapa? Sebab Kain terlalu bodoh dengan emosinya sehingga dia membunuh adiknya sendiri, begitu juga dengan Esau (Kej 28:6-9) Esau dengan sengaja menikahi perempuan dari suku yang lain, kafir dan hanya untuk khusus memang mendukakan hati daripada ibunya. Terkadang manusia berpikir tidak ada alasan yang lain dalam kehidupan dan kadang-kadang ada kejahatan yang terjadi. Terkadang apa yang kita lakukan tidak ada motivasinya dan hanya berpikir karena kita bisa melakukannya dengan hal yang bodoh. Menjadi bijak adalah bagaimana kita mengetahui setiap ide yang muncul didalam diri kita.

  1. Orang bodoh menghamburkan hartanya- Amsal 21:20

Orang-orang bodoh mungkin mengetahui harga semua barang, tetapi mereka tidak mengerti nilai barang itu.

  1. Orang bodoh tidak dapat dipercayai dengan tanggung jawab- Amsal 26:1

kata “hormat” dalam bahasa Ibrani (kabod)berarti “berat, beban”.

Ayat 6 Mengutus seorang bodoh untuk mengirim berita, sama dengan mematahkan kaki sendiri dan mencari celaka.(BIS)

Ayat 7  Jika orang bodoh mencoba mengatakan sesuatu yang bijaksana, ia sama seperti orang lumpuh berusaha berjalan.(Amp Bible),

Ayat 8  Seperti batu yang terjepit di dalam ketapel, demikianlah orang yang memberi hormat kepada orang bodoh.(Amp Bible),

Ayat 9  Amsal di mulut orang bebal adalah seperti duri yang menusuk tangan pemabuk.(TB), Ayat 11  Seperti anjing kembali kepada muntahnya, demikianlah orang bodoh selalu mengulangi kebodohannya  (Amp Bible)

Itulah orang bodoh tidak akan bisa diberi tanggung jawab, karena dia hanya mau yang senangnya saja, kita sebagai anak Tuhan biar hidup kita tambah diberkati dan bersedia orang yang memikul tanggung jawab itulah kita disebut orang dewasa. Amien

@tjrock

 Amien. @tjrock

 

 

Ringkasan Khotbah

  Minggu, 13 Agustus 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>