GIVING THANKS (END OF YEAR) “Imamat 23:40″

images1BethanyGorontalo – Pada hari yang pertama kamu harus mengambil buah-buah dari pohon-pohon yang elok, pelepah-pelepah pohon-pohon korma, ranting-ranting dari pohon-pohon yang rimbun dan dari pohon-pohon gandarusa dan kamu harus bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu, tujuh hari lamanya.Tuhan bersabda kepada orang Israel untuk mengucap syukur kepada Tuhan (Imamat 23:40). Selama 7 hari bangsa Israel akan mengadakan pengucapan syukur sampai pada hari ini dikenal dengan hari raya SUKOT, mereka membawa ke-4 hal yang ditulis dalam Imamat 23:40 ditangan mereka dan selama 7 hari mereka melompat-lompat bersukaria mengucap syukur dan melupakan semua kegagalan mereka. Dan ternyata dari semua itu ada manfaat yang besar ketika kita mengucap syukur:

MANFAAT UCAPAN SYUKUR ADALAH PENGERTIAN BAHWA :

1. HIDUP MANUSIA BERPUSAT PADA TUHAN – Imamat 23:40
Ayat ini adalah permulaan dari perayaan SUKOT (Perayaan pondok daun) dan Tuhan berkata “mengapa engkau harus mengadakannya?” setiap tahun yang seperti Tuhan katakana “Aku sudah membuat orang Israel tinggal di pondok-pondok daun” Tuhan ingin kita mengucap syukur agar bisa selalu memiliki kesadaran, kesadaran yang paling pertama yang Tuhan ingin dalam hidup kita adalah “hidup berpusat dalam Tuhan”.

2. APA YANG TIDAK MENYENANGKAN HARI INI ADALAH SEMENTARA – Imamat 23:43
Tuhan ingin kita melihat dan mengubah pola pikir tentang apa yang tidak menyenangkan yang sedang terjadi dalam hidup kitamerupakan sebuah hal yang sementara, tidak ada permasalahan yang kekal. Dalam kita Pengkhotbah berkata “dalam segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini ada waktunya” dengan kata lain tidak akanada yang abadi. Coba bayangkan jika dalam kehidupan ktia sehari-hari kita hanyatertawa terus? Pasti kita akan bosan dan kita tidak akan mengerti arti dari kebahagiaan jika kita hanya tertawa terus sepanjang hari, tetapi ketika ada kesedihan dalam hati kita maka kita tahu apa arti kebahagiaan.Alangkah berharganya rencana Tuhan dalam hidup kita, jika kita tahumengucap syukurdalam setiap pencobaan.

3. JANGAN KUATIR, KELUAR DARI MESIR KITA AKAN MASUK KE TANAH PERJANJIAN Imamat 23:43
Kalau Tuhan memimpin janganlah kita kuatir, sebab dia memimpin kita keluar dari tanah mesir hingga masuk ke tanah perjanjian, Tuhan tidak akan memimpin kita kemana-mana dan jangan pernah meragukan pimpinan Tuhan, karena dengan mengucap syukur kita akan berkata “aku tidak akan kuatir dengan pimpinan Tuhan”. Dalam kitab Mazmur 23 berkata “ditengah-tengah lembah kekelamanpun engkau beserta Aku, gadahMu dan tongkatMu itulah yang menuntun hidupku”. Ikuti jalan Tuhan, sekalipun dalam padang gurun karena itu hanya sementara, dan jangan takut sebabTuhan yang memimpin. Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Yeremia 29:11 Amien