GIVING THANKS (ZAKARIA 14:16)

images1BethanyGorontalo – Firman ini berkata pada satu masa nanti semua bangsa akan merayakan Pondok Daun, hari-hari itu begitu banyak orang berdatangan dan Nabi Zakaria membicarakan tentang Pondok Daun yang pada bahasa ibrani di katakana Hari raya SUKKOT. Ini hamper mirip dengan perayaan imlek yaitu perayaan panen. Perayaan itu sudah ada sejak masa Musa dan itulah perintah Tuhan yang sampai kini menjadi satu daya. Dalam Imamat 23:40 berkata selama 7 hari mereka merayakannya.

Pada zaman sekarang kita merayakan pondok daun versi gereja pada perjanjian baru yaitu hari “Ucapan syukur akhir tahun”. Alangkah penting sebuah ucapan syukur dari hati seorang manusia karena mempunyai arti yang dalam. Firman Tuhan berkata pada kitab Imamat ini paling tidak ada 4 hal yang dilakukan oleh orang Israel yang dibawa pada hari pertama sebagai hokum yaitu :
1. Buah Limau
2. Pelepah Palem
3. Bungur Jepang (Bunga Myrtle)
4. Gandarusa

Mereka membawa ini saat perayaan, mereka jadikan satu dan diangkat ke hadapan Tuhan. Disitulah mereka bersukacita dan melompat-lompat dihadapan Tuhan. Setiap barang yang mereka bawa memiliki arti tersendiri sesuai dengan sifat alami yang dibawa oleh tanaman itu.

1. Akhiri seluruh keadaan yang terjadi dalam hidup dengan mengucap syukur

1 Tesalonika 5:18, Dalam segala keadaan hendaklah kalian bersyukur, sebab itulah yang Tuhan inginkan dari kalian sebagai orang yang hidup bersatu dengam Kristus Yesus.(BIS), arti kata dari “Dalam segala keadaan” Tuhan ingin akhiri semua keadaan yang terjadi didalam hidup kita dengan mengucap syukur, mau keadaan itu buruk ataupun baik…akhiri emosinya. Tuhan mengajak kita untuk mengontrol emosi kita dengan cara positif dan dengan baik sehingga kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

2. Mengucap syukur adalah kehendak Tuhan

1 Tesalonika 5:18, Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Tuhan di dalam Kristus Yesus bagi kamu. (TB). Mengucap syukur adalah kehendak Tuhan, kalau kita mau masuk dalam kehendak Tuhan setiap hari mari kita mengucap syukur setiap hari maka kita pasti dalam kehendak Tuhan.

3. Mengucap syukur adalah tanda bahwa kita bersatu dengan Kristus

1 Tesalonika 5:18, Dalam segala keadaan hendaklah kalian bersyukur, sebab itulah yang Tuhan inginkan dari kalian sebagai orang yang hidup berdatu dengan Kristus Yesus. (BIS), ketika kita mengucap syukur maka kita memplokamirkan kepada iblis bahwa kita sudah menang dan bersatu dengan Kristus. Mengucap syukur adalah tanda menjadikan kita kaya dan bersatu dengan Tuhan. Akhirilah semua emosi pada saat ini dan persembahkanlah korban dengan ucapan syukur, hindari sakit hati/ dendam agar berkat yang mendatang bisa lebih besar kita dapatkan dalam hidup kita.

Dalam keadaan sukacita maupun dalam dukacita marilah kita tetap bersyukur pada Tuhan. Amien. @tjrock