TUHAN MENDENGAR, MEMPERHATIKAN DAN TIDAK MENOLAK DOA (MAZMUR 66 : 16-20)

images1BethanyGorontalo – Dalam menjalani kehidupan kita sebagai anak Tuhan, ada saatnya kita mengalami pergumulan yang berat, apapun itu. Dan ketika hal ini datang kita berseru dan meminta pertolongan Tuhan. Dia mendengar dan memperhatikan kita bahkan tidak menolak doa kita. Tetapi ada saatnya kita merasa bahwa jawaban doa itu tidak kunjung datang dalam hidup kita – Tuhan tidak menolak Doa kita MAZMUR 66:19-20Pemazmur ini sangat luar biasa, Doanya tidak ditolak, Doanya di dengar, Diperhatikan dan Tidak dijauhkan kasih setia Tuhan. Setelah Daud mendapatkan jawaban doanya, Tuhan memelihara hidupnya dengan kasih setiaNya. Kita tidak akan mendapatkan model seperti ini di dunia ini. Syaratnya supaya doa kita di dengar, diperhatikan oleh Tuhan seperti yang dialami oleh pemazmur sangatlah sederhana “Jangan ada niat jahat dalam hati kita”, kembali pada Maz 66:18 “Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar”, dan pasti doa kita tidak akan di dengar oleh Tuhan, dan akan di tolak sehingga kasih setiaNya menjauh dari pribadi kita.

Versi King James ditulis : “If I regard [INIQUITY] in my heart, the Lord will not hear [ME]
Psalm 66:18 (KVJ)
Iniquity artinya : keegoisan. Apa maksudnya keegoisan dalam hal ini? Semua serba kita, segalanya hanya mengarah kepada kita, mementingkan diri kita. Jadi ketika ada ketidakadilan dalam hidup kita maka doa kita akan ditolak.

KITA HARUS ADIL ATAU SEIMBANG dalam 3 hal ini :
1. ADIL UNTUK PERKARA KEHIDUPAN JASMANI DAN ROHANI- Matius 6:33 dalam kehidupan jasmani dan rohani kita haruslah seimbang, keseimbangan dan keadilan itu ialah “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Tuhan dan Kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”. Kehidupan rohanilah yang menjadi prioritas utama kita. Kehidupan jasmani kita terbatas dan tetap prioritaskan kepada rohani. Perhatikan kehidupan rohani kita, karena itu yang akan kita bawa dan jalani sampai di kekekalan.
2. ADIL TENTANG KEPENTINGAN- Filipi 2:4 “dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga”. Jemaat mula-mula sangatlah luar biasa, diajarkan serupa dengan Kristus dan mereka sangatlah adil pada point ke-2 ini “Kepentingan pribadi dan juga memperhatikan kepentingan orang lain”. Kekristenan Cuma 2 kata : TERANG DAN GARAM, jadilah berkat dan adil untuk kepentinganmu dan kepentingan orang lain sehingga kita benar-benar menjadi “The Real Christian”. Kepentingan kita dan sesama harus dipikirkan secara serius. Tujuan orang Kristen menjadi terang dan garam, memperhatikan orang lain, memberkati orang lain, mengasihi orang lain.
3. ADIL DENGAN APA YANG SUDAH KITA TERIMA DARI TUHAN DAN APA YANG KITA BERIKAN KEPADA TUHAN [ADIL DALAM HAL PERSEMBAHAN]- Roma 11:36 “ Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” Kasih setia Tuhan, Keselamatan yang Dia berikan, tidak akan pernah kita dapatkan dari siapapun. Perhatikan persembahan apa yang kita berikan untuk Dia.

Bagi Dialah segala kemuliaan sampai selama-lamanya. Perhatikan 3 hal ini :

ADIL UNTUK PERKARA ROHANI DAN JASMANI ADIL UNTUK SESAMA ADIL APA YANG UNTUK TUHAN SUDAH BERIKAN DAN APA YANG KITA PERSEMBAHKAN Maka doa kita akan didengar, diperhatikan, dan tidak ditolak. Amien @tjrock