KEBERHASILAN “Ulangan 28:7″

images1BethanyGorontalo – Keberhasilan itu tidak hanya berbicara tentang materi atau kepemilikan. Semua hal dalam hidup ini bergantung dari apa yang kita rasakan dan jika perasaan kita tidak menjadi dewasa maka perasaan itu akan membawa kita menjadi begitu dangkal. Sekalipun kita mempunyai pendidikan yang tinggi tetapi perasaan kita tidak pernah menjadi dewasa maka kita tidak akan pernah mengetahui apa sebenarnya yang dapat kita membuat berbahagia/ berhasil.Tuhan kadang-kadang tidak melakukan sesuatu seperti yang kita doakan, itu sebabnya Tuhan selalu menyediakan yang terbaik dalam hidup kita. Tuhan akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau dan terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerang engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu. Terpukul kalah olehmu, bukan terpukul kalah oleh Tuhan.Tuhan membiarkan musuh datang dan kalah oleh kita.Terpukul kalah olehmu berarti oleh usaha kita sendiri.Tuhan melatih kita untuk menjadi pemenang bukan menjadi orang Kristen yang manja, yang hanya duduk diam dan tidak bertindak. Jangan pernah kuatir berhadapan dengan masalah dan percayalah Tuhan akan membuat masalah menjadi wadah untuk kita berlatih dan menjadi pribadi yang baik “Tidak ada kemenangan tanpa peperangan & Tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan” .
Kekristenan mengajarkan kita tegar dalam menghadapi setiap kesulitan, dan terlatih menjadi pribadi yang berani lebih dari pemenang menghadapi masalah.Hadapi kenyataan dalam hidupmu.Apa yang membuat kita berhasil dalam menghadapi masalah? Firman Tuhan. Sebab iman datang dari Firman Tuhan, dan ketika kita melakukan firman maka iman kita semakin bertumbuh, Iman bertumbuh dengan melakukan Firman Tuhan, dalam keadaan baik maupun tidak baik kita tetap menumbuhkan iman untuk menghasilkan kesabaran dan kita terlatih menjadi pribadi yang luar biasa. Dalam 2 Timotius 3:16, fungsi Firman Tuhan membangun hal-hal yang baik dalam hidup kita dan kita akan menemukan segala sesuatu yang baru dalam Firman Tuhan. Dalam FirmanNya kita juga bisa menemukan apa yang benar dan salah, apa yang tepat dan tidak tepat dengan kata lain Firman Tuhan mendidik orang dalam kebenaran. Dalam Alkitab ada 3 hal besar yang menjadi asset Kekayaan dan Kehidupan:

1. Mental Attitude – 2 Raja-raja 13:18-19
Alkitab mengajarkan kita untuk memiliki mental attitude yang kuat, agar kita menjadi pribadi yang kuat dan dunia ini mengajarkan untuk bergaya positif, tetapi tidak banyak yang mengajarkan untuk bergaya positif.Kembalikan kepercayaan kita kepada Tuhan agar kita selalu memiliki mental yang kuat.Alkitab mengajarkan kita harus mempunyai sikap yang baik dan kuat, agar kita tidak hancur dan terpuruk dan tinggi hati ketika kita menjadi orang yang luar biasa.Mental attitude adalah sebuah keadaan mental yang rumit dan melibatkan iman, perasaan, nilai-nilai serta watak untuk bertindak dalam situasi tertentu.

2. Paradigma – Yesaya 54:2-3
Cara pandang orang terhadap lingkungannya, disebut paradigma. Paradigma juga dapat berarti seperangkat asumsi, konsep nilai dan praktik yang diterapkan dalam memandang realitas sebuah komunitas yang sama khususnya dalam disiplin intelektual. Kecerdasan seseorang bergantung dari paradigmanya. Jangan memiliki pikiran yang sempit tetapi milikilah pergaulan yang luas, dan jangan juga terbelit dengan jubah keagamaan, semakin luas paradigma kita maka kits akan menjadi orang yang nyaman.

3. Integritas – Yosua 1:7
Integritas adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan.Begitu banyak bahwa sekarang kita melihat era sekarang banyak gereja yang tidak menanamkan nilai-nilai luhur dan begitu banyak mengajarkan kemudahan atau kemurahan yang murahan sehingga orang Kristen banyak yang kehilangan Integritasnya sendiri.Tetapi marilah kita menjadi orang yang memiliki integritas.

Inilah harta kita semua ketika kita memiliki ketiga hal ini untuk membangun diri dengan baik sehingga kita tidak akan dipermalukan juga, tetapi kita akan melihat kemuliaan hari demi hari bersama Tuhan Yesus dalam keberhasilan dan kemenangan. Amien @tjrock