PERLOMBAAN IMAN “Filipi 3:10-14″

tes-logo1BethanyGorontalo – Hidup ini adalah sebuah perlombaan iman, perlombaaan iman dimana kita semua umat manusia berpacu untuk mencapai sebuah garis finish yang baik dan kita boleh memperoleh mahkota kehidupan, selagi kita masih hidup kita masih punya perjalanan yang panjang dan memiliki tujuan dan kita dituntut sedemikian rupa untuk berlomba sehingga kita beroleh iman yang luar biasa, dan pada akhirnya kita tetap memiliki iman yang berpegang teguh kepada Yesus Kristus,dalam perjalan hidup banyak hal—hal yang akan terjadi, banyak goncangan iman, tantangan yang akan datang untuk menguji iman kita apa kita akan tetaap bertahan hingga akhir dan memperoleh mahkota yang kekal atau tidak. Lantas bagaimana kita menjalani perlombaan ini?1. LARILAH BEGITU RUPA – 1 Korintus 9:24

Lari begitu rupa, karena hanya ada satu hadiah besar dalam suatu perlombaan, kita harus lari sedemikian rupa agar kita bisa meraih tujuan yang telah Tuhan tetapkan dalam kehidupan kita, dalam menjalani kehidupan kita hanya perlu fokus kepada Tuhan, agar disaat ada tantangan atau masalah iman kita tidak goyah. Kita semua pasti akan menjadi pemenang, namun seringkali iblis bekerja mengganggu jalan hidup kita, oleh karena itu larilah begitu rupa fokus kepada Tuhan jangan pikirkan kiri-kanan saudara, jangan fokus kepada masalah karena disaat kita fokus kepada Tuhan, Tuhan akan menyediakan solusi untuk masalah kita.
2. KUASAI DIRI DALAM SEGALA HAL – 1 Korintus 9:25
Penguasaan diri terbagi dalam 3 hal :
• Penguasaan Diri berarti menahan diri dari apa yang kita ketahui salah.
• Penguasaan diri juga berarti kita menimbang apa yang terbaik dan menghindar dari yang lainnya.
• Penguasaan diri juga mencakup kedisiplinan.
Kedisplinan paling penting dalam suatu perlombaan, mendisplinkan diri dalam latihan agar kemampuan kita naik bukan turun,begitupun dalam kerohanian melatih kerohanan kita agar kita bisa fokus dan firman itu dapat berbuah dalam kehidupan kita .
3. BERLARI DENGAN TUJUAN DAN STRATEGI – 1 Korintus 9:26
Tujuan kita agar kita semakin dekat dengan Tuhan, Strateginya adalah menanggalkan semua beban dan dosa yang merintangi kita, strategi yang kedua berlomba dengan tekun. Kita tahu kita telah diampuni oleh Tuhan sebab itu jangan sampai kita merasa tertuduh dengan dosa-dosa masa lalu kita. Kita telah dibebaskan oleh Tuhan jangan sampai kita dirintangi oleh dosa-dosa kita, kita berlari dengan tujuan kepada Tuhan dan strategi kita tekun mengahadapi perlombaan. Tidak memusingkan dengan perkara-perkara yang ada disekeliling saudara, karena ketika pikiran saudara tertuju kepada Tuhan, Tuhan akan selalu menyediakan solusi untuk setiap tantangan dalam kehidupan.
4. MELATIH TUBUH DAN MENGUASAI SELURUHNYA, SUPAYA JANGAN DITOLAK – 1 Korintus 9:27
Pada saat kita mengambil keputusan kita untuk percaya kepada Tuhan. Pada saat itu ada banyak saksi yang mengatakan kita adalah pengikut Kristus, maka berusahalah untuk tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain, melainkan selalu menjadi berkat bagi orang lain untuk itu latihlah iman saudara, semakin pertajam iman saudara, jika saudara mulai merasa tidak ada perubahan daam kehidupan saudara, ambilah salah satu tindakan iman ubah cara berpikir dan kuasai diri dan tetap fokus kepada Tuhan, Allah yang kita percaya adalah Allah yang luar biasa. Allah mau iman yang bertindak. Mari kita terus berlomba lari dan fokus pada satu tujuan, kuasai diri dalam segala hal, lari dengan tujuan dan strategi, mendisiplinkan diri, melatih tubuh dan menguasi seluruhnya dan menangkan Mahkota Kehidupan. Amin